Nasib Tim Basket AS di Olimpiade Mulai Dipertanyakan

Para punggawa tim basket Amerika Serikat yang akan berlaga di Olimpiade 2012 mulai mendapat sorotan menyusul terjadinya lockout di NBA.
Seperti yang telah diketahui, kini NBA sedang dalam situasi lockout, situasi di mana semua kegiatan di NBA dibekukan. Walhasil, karena tak adanya kesepakatan tawar menawar kolektif (CBA) antara Asosiasi Pemain dan pemilik klub, maka musim 2011-2012 resmi ditunda hingga dua pekan.
Masalah ini ternyata mengundang kekhawatiran dari pelatih tim basket putra Amerika Serikat, Mike Krzyzewski. Karena keadaan di liga basket terpopuler itu sedang labil, ia takut persiapan timnya untuk Olimpiade tahun depan akan terganggu.
"Kami jelas benar-benar prihatin dengan keadaan di NBA saat ini," tutur Krzyzewski seperti dilansir USA Today. "Yang paling saya khawatirkan adalah kondisi mereka (pemain NBA)."
"Bagaimana jika tidak ada musim kompetisi di tahun ini? Bagaimana jika mereka tidak bermain hingga bulan Juli tahun depan? Tanggal 4 atau 5 Juli kami mulai berlatih untuk Olimpiade, dan Olimpiade sendiri berlangsung 12 Agustus. Jika NBA baru mulai bulan Juli, bagaimana dengan tim kami?"
"Jika mereka tidak bermain di musim ini, apakah mereka pantas ikut di Olimpiade? Itu justru akan berpotensi menimbulkan cedera. Saya sangat khawatir dengan itu semua," tambahnya.
Lebih lanjut, Krzyzewski juga mengatakan bakal mengumumkan ke-12 pemain yang masuk dalam skuad AS pada musim semi nanti. "Kami akan menunggu sampai musim semi untuk mengumumkan siapa 12 pemain yang akan berada di tim," jelas pria 64 tahun itu.
"Kami punya kapasitas besar, karena semua orang ingin bermain. Kami memiliki tim juara dunia, ditambah pemain sekelas Amare Stoudemire  (forward New York Knicks) dan Blake Griffin (forward Los Angeles Clippers). Ini akan menjadi keputusan yang sulit," tuntas Krzyzewski.

0 komentar:

Posting Komentar